BAGAIMANA CARA MEMANAGE WAKTU

Waktu merupakan pergantian antara siang dan malam. Kita senantiasa menghubungkan waktu dengan hal apa yang pernah kita lakukan, hal yang pernah terjadi dan apa yang akan kita lakukan.

Untuk mengefektifkan waktu maka kita harus berani mengorbankan pekerjaan yang kurang penting dengan hal yang lebih penting, yang lebih memberikan kontribusi terhadap pencapaian dari apa yang menjadi sasaran kita, baik dalam bisnis, kehidupan keluarga, sosial dan kesehatan.

Sebelum kita mengubah atau membuang kegiatan – kegiatan yang kurang penting, maka kita harus menetapkan suatu tujuan atau sasaran yang ingin kita capai dengan pengorbanan waktu tersebut. Tanpa tujuan atau sasaran kita akan mudah menjadi korban dari tumpukan pekerjaan yang akan menguras waktu, tetapi tidak efektif dan kurang berguna.

Tujuan atau sasaran harus dapat dijabarkan secara tertulis dan menjadikannya suatu objektif yang ingin kita capai, dengan menetapkan langkah – langkah serta tindakan yang mungkin diperlukan, disertai jadwal – jadwal pelaksanaan kapan waktu mulai dan selesai.

Sasaran dan objektif harus bisa dituliskan secara spesifik dan dapat diukur. Untuk menetapkan tujuan atau sasaran tersebut Anda harus dapat memanage waktu dengan hal yang dapat membantu keteraturan Anda seperti :

• Filling sistem pekerjaan yang efektif.
• Ruangan kerja / meja yang teratur, bersih dari tumpukan berkas yang tidak perlu.
• Buat skala prioritas dokumen kerja.
- Dokumen yang harus ditandatangani.
- Dokumen penting yang harus dibaca.
- Dokumen yang harus diedarkan.
- Dokumen yang tidak penting, setelah dibaca, dimusnahkan.

Kemampuan mengatur diri sendiri erat hubungannya dengan pengambilan tanggung jawab dalam organisasi, mengatur membagi tugas kepada bawahan, komunikasi, bekerja sama dengan kolega dan tanggung jawab pada atasan. Kemampuan ini tidak melupakan mengatur untuk kepentingan diri sendiri, dalam kehidupan keluarga, pergaulan social, pemeliharaan kesehatan.

Kita harus membiasakan diri untuk bekerja dengan sasaran, menyusun rencana kerja, mereview dan menganalisa apa yang telah dihasilkan, permasalahan apa yang sedang dihadapi serta apa yang masih harus dikerjakan. Lalu buatlah strategi dan rencana – rencana baru yang diperlukan.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru