ANTARA DETEKTIF CONAN DAN KEDOKTERAN FORENSIK

Bagi para penggemar cerita detektif seperti Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle, Hercule Poirot karangan Agatha Christie. Dan lebih yang terkenalnya yaitu film kartun Detektif Coan yang diilhami dari kemampuan Sherlock Holmes. Sebenarnya kemampuan analitis ini pernah dimiliki oleh dr. Joseph Bell. Seorang dokter bedah dari Edinburg, Inggris. Beliau inilah dosen dari pengarang terkenal Sir Arthur Conan Doyle yang terkenal dengan detektif ciptaannya, Sherlock Holmes.

Latar belakangnya sebagai seorang dokter diaplikasikan dalam cerita – ceritanya dalam memecahkan kasus criminal melalui analisa deduktif dan induktifnya serta menekankan pentingnya ketelitian dan data meski hanya dari informasi beberapa orang saja.

Bidang kedokteran forensik merupakan salah satu cabang untuk pengambilan keputusan bagi penegak hukum untuk penyelesaian masalah kriminal. Kasus pelanggaran hukum berhubungan dengan tubuh dan nyawa manusia perlu suatu pengusutan, penyelidikan serta penyelesaian masalah hukum dan pemutusan perkara dipengadilan tak pelak memerlukan bantuan berbagai ahli dibidang terkait untuk dapat menyusun suatu jalannya peristiwa serta keterkaitan antara aksi yang satu dengan aksi yang lainnya.


Manfaat dari bidang kedokteran forensik ini tidak semata – mata dalam masalah hukum dan keadilan dimeja hijau saja, tetapi dapat membantu penyelesaian masalah klaim asuransi, membantu pemecahan masalah paternitas ( penentuan ke-ayah-an ) dsb. Pada masalah pidana, dokter forensik diharapkan dapat mencari kelainan atau faktor penyebab yang terjadi ditubuh korban, bagaimana kelainan itu bisa terjadi, apa penyebabnya serta apa akibat yang bisa terjadi pada kesehatan korban.

Ternyata menjadi seorang penyidik tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan, karena harus dapat merangkai keterkaitan antara peristiwa yang satu dengan lainnya dan mengumpulkan data yang umum untuk disimpulkan menjadi suatu analisa yang khusus untuk menuntaskan suatu kasus yang rumit.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru