SUN TZU ( SUN PIN VS BANGKOAN )


Bagi mereka yang bergerak dibidang pemasaran dan manajemen tentunya sudah tidak asing lagi dengan Seni Berperang Sun Tzu yang terdiri dari 13 Bab. Uraiannya yang menyatakan, “Kenalilah dirimu, Kenalilah lawanmu. Seratus pertempuran, kita tidak perlu takut akan hasilnya,” menganjurkan agar kita dapat mengatur perencanaan – perencanaan yang matang untuk meminimalkan biaya sesedikit mungkin.

 Sun Pin adalah seorang ahli strategi perang Tiongkok Kuno. Sesudah menghasilkan karyanya yang spektakuler “Kitab Seni Berperang “ namanya popular sebagai Sun Tzu atau Guru Sun. Sun Tzu adalah Bapak Ilmu Spionase Tiongkok Kuno yang hidup antara tahun 330 – 236 S.M. pada zaman dinasti Tong Ciu Liat Kok atau zaman Musim Semi dan Musim Rontok ( Warning States ).

Teori perang Sun Tzu masih tetap relevan sampai sekarang. Kitab Perangnya seringkali dijadikan rujukan oleh para politisi, militer, pengusaha dan para cendekiawan.

Buku mengenai riwayat hidup Sun Tzu dalam kisah Sun Pin vs Bang Koan merupakan roman klasik tiongkok kuno yang sangat memikat. Banyak petuah berharga yang bisa kita dapatkan disini antara lain dimana ketika waktu Sun Bin belajar menuntut ilmu perang ia dinasehati untuk tidak pernah putus asa karena tidak ada hal yang tidak mungkin asalkan dirinya memiliki kemauan yang keras dan semangat yang membara. Motto:”Asalkan kita punya keyakinan, besi sebesar toyapun akan menjadi sebuah jarum,” menjadi petuah emas yang mendasari perjalanan hidup sang master Sun Tzu.

Link Terkait :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru