TAI CHUAN DAN PENYEMBUHAN ASTHMA

Diperkirakan ada 10 % dari seluruh penduduk yang menderita penyakit asthma, dari yang paling ringan sampai yang terberat. Ada berbagai penyebab yang menimbulkan penyakit asthma seperti :

A. Allergens, benda yang merangsang terjadinya alergi pada saluran pernafasan, seperti : debu, serbuk - serbuk rumput, ketombe binatang dan lain sebagainya dikenal merangsang terjadinya asthma.
B. Berbagai jenis obat - obatan tertentu seperti aspirin, indometachin, beta-blockers dan lain sebagainya juga sering menimbulkan gejala asthma.
C. Infeksi saluran pernafasan, baik oleh bakteri maupun virus.
D. Pengotoran udara, baik yang berasal dari kegiatan industri, maupun yang dibuat sendiri ( merokok ).
E. Stress, baik fisik maupun psikis bisa menimbulkan gangguan asthma.
Mari kita melihat apa yang terjadi apabila salah satu faktor penyebab asthma menyerang penderita. Mula - mula terjadi reaksi biokimia pada dinding saluran pernafasan kecil ( broncheoli ) yang menimbulkan 3 macam reaksi sebagai berikut :
  • Terjadi kontraksi ( mengkerut ) pada otot polos yang menyebabkan penyempitan broncheoli.
  • Terjadinya lendir berlebihan yang membuat saluran broncheoli menjadi satu arah saja seperti pentil ( valve ).
  • Terjadi pembengkakkan pada dinding broncheoli.
Semua ini mengakibatkan saluran pernafasan hanya bekerja satu arah saja, yaitu udara masih bisa masuk pada saat - saat awal menarik nafas, namun udara tersebut tak dapat keluar lagi seperti terjadi pada pernafasan normal. Kejadian ini diistilahkan sebagai air-trapping ( udara terjebak ) yang mengakibatkan pada penderita asthma lebih susah mengeluarkan nafas ketimbang menarik nafas.

Dengan latihan Tai Chi Chuan, orang berusaha untuk mengadakan rilaksasi semaksimal mungkin karena Tai Chi adalah latihan relaksasi. Dalam hal relaksasi pikiran bisa dicapai penuh, maka akan sulitlah bagi broncheoli untuk mengkerut dengan kekuatan penuh. Manfaat selanjutnya adalah terletak pada sistem pernafasan pasif dalam Tai Chi akan melatih otot - otot lebih kearah relaksasi ketimbang penegangan.

Dari latihan nafas keluar masuk secara maksimal, maka terjadilah hyperventilasi pada paru - paru yang mengakibatkan segala kotoran bisa disemprot keluar dan udara segar masuk. Dengan berlatih secara bertahap dimulai dari yang ringan dengan sedikit demi sedikit ditingkatkan, maka kesehatan pasien akan semakin baik dan tanpa disadari sudah lama tak mengalami serangan asthma lagi. Khusus bagi penderita asthma yang sudah kronis, dimana sudah terjadi "jebakan udara" ( emphysema ) dalam paru - parunya , maka karena dalam pernafasan Tai Chi, lidah diarahkan ke langit - langit yang dalam istilah kedokteran disebut pursed lip expiration, terjadilah dekompressi secara bertahap untuk menghilangkan udara yang terjebak. Proses dekompressi ini penting untuk sirkulasi pembuluh darah.

Bagi yang mau belajar Tai Chi Chuan, bisa membaca lebih lengkap bukunya Bapak Jusuf Sutanto. Bisa tanya disini lebih detil.Lihat disini lebih detil
Bagi penggemar Thio Boekie , tolong dong kasih komentar lebih mendalam tentang teknik Tai Chi Chuan, apalagi kalau mau posting mengenai Tai Chi ini terima kasih banget dehh.

Xie Xie Ni.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru