TAI CHI CHUAN DAN KESEHATAN









Gbr. Thio Sam Hong.

Tai Chi Chuan merupakan seni bela diri Wushu yang mengandung seni kelemasan. Gerakan - gerakan dalam Tai Chi Chuan tidak menuntut suatu pengerahan tenaga yang besar. Gerakan Tai Chi dilakukan dengan secara perlahan, nampak tak bertenaga semakin berkesinambungan dan tidak patah - patah.

Dengan latihan Tai Chi, nafas kita akan menjadi dalam dan teratur. Gerakan Tai Chi yang perlahan, rileks dan tidak putus - putus merupakan akibat dari pernafasan yang dalam dan teratur. Oleh karenanya Tai Chi tidak berbahaya bagi yang berbakat penyakit jantung.


                                                                     Gerakan Tai Chi Chuan

Gerakan Tai Chi Chuan tidak membatasi usia ataupun jenis kelamin, karena sifat gerakannya yang lembut, perlahan dan relaks. Dengan berlatih Tai Chi sebelum tidur, dalam nada gerakan yang selambat mungkin dengan menarik nafas sedalam mungkin, sedikit demi sedikit, ketegangan emosi dan pikiran akan kendur, sehingga jaringan tubuh menjadi normal kembali sehingga Anda terhindar dari insomnia.

Bagi penggemar cerita To Liong To ( Golok Pembunuh Naga ) karya Chin Yung, tentunya mengenal tokoh Thio Sam Hong. Thio Sam Hong inilah yang merupakan cikal bakal pencipta gerakan Tai Chi Chuan berdasarkan pada suatu teori bahwa suatu kekuatan tidak selalu harus dihadapi dengan kekuatan yang lebih besar.

Pencipta Tai Chi Chuan ini yang tanpa pernah belajar anatomi dan fisiologi dalam pengertian kedokteran, mampu menciptakan gerakan - gerakan yang mampu memaksakan pengembangan paru - paru secara maksimal yaitu :
- Membuka rongga dada kearah samping dan depan, yang kita kenal dengan pernafasan dada atau thoracic inspiration atau ke arah bawah dengan menggerakkan sekat rongga badan ( diaphragm ) atau keduanya secara sekaligus. Dalam Tai Chi Chuan, menarik dan mengeluarkan nafas adalah suatu gerakan pasif yang dimungkinkan oleh gerakan serat - serat elastis yang membungkus gerakan dada. Namun kalau gerakan otot - otot tertentu, rongga dada diperkecil, maka berakibat paru sebelum latihan, secara pasif dan aktif sekaligus dikuras keluar sampai dari sudut - sudut yang paling ujung dan diganti dengan udara yang baru.

Ciri - ciri gerakan Tai Chi Chuan adalah lembut, lambat namun berkesinambungan, dengan demikian otot - otot penggerak tidak begitu memerlukan tambahan energi yang banyak, maka sel - sel organ tubuh juga sangat diuntungkan. Meskipun frekuensi pernafasan perlahan, namun karena diimbangi dengan kedalaman dan kembang kempisnya rongga dada maupun naik turunnya diaphragma yang maksimal, maka terjadilah apa yang disebut hyperventilated pada paru terus - menerus selama 30 - 45 menit. Sebagai sisa pembakaran atau oksidasi adalah CO2 dan H2O dalam bentuk keringat, karenanya meskipun gerakan Tai Chi Chuan perlahan, keringat yang keluar cukup banyak. Karena itu Tai Chi Chuan bukan saja cocok untuk orang tua, bahkan terlebih bagi orang muda pun sangat diperlukan supaya pertumbuhan sel - sel organnya bisa lebih terarah, dan bahkan perlu juga untuk para olahragawan prestasi sebagai sarana dasar. Selain itu perlu juga ditambahkan manfaatnya bagi persendian, yaitu akan membuat lebih awet, tahan lama dan anti kaku karena gerakan Tai Chi Chuan yang selalu kontroversial, yaitu kekiri kanan, maju - mundur, naik turun melingkar, spiral atau yang didalam istilah Tai Chi Chuan disebut sebagai Irama YIN - YANG, maka para pelakunya seolah dilatih untuk menerima gejolak hidup dan hal yang dialami sehari - hari sebagai hal yang lumrah. Karenanya Tai Chi Chuan baik bagi kesehatan raga dan jiwa yang mempelajarinya. ( Disarikan dari Tai Chi Chuan oleh Jusuf Sutanto ).  


0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru