QIGONG DAN KESEHATAN

Qigong Dayan telah dikenal lebih dari seribu tahun yang lalu, sejak jaman Dinasti Jin. Karena gerakannya mirip dengan unggas perlambang panjang usia, maka Qigong disebut juga Qigong Angsa Liar.

Qigong Angsa Liar berfungsi menyeimbangkan Yin dan Yang, menghasilkan aliran energi secara teratur sehingga tubuh menjadi bugar dan sehat. Qigong dapat menjadi terapi pencegahan, penanggulangan dan penyembuhan berbagai penyakit, antara lain : penyakit mental ( psikotis ), jantung, hati, TBC paru - paru, pembekuan darah diotak / pembuluh darah diotak / pembuluh darah, tumor, tulang dan berbagai penyakit lainnya.

Gerakan Qigong Angsa Liar menyerupai gerakan angsa liar, burung yang menjadi perlambang panjang usia. Gerakannya luar biasa dan lembut yang tenaga digantikan dengan keheningan, serta sikap badan yang indah digabungkan dengan perasaan tentram yang sempurna.

Saya kurang tahu apakah Tai Chi Chuan dan Qigong Dayan merupakan satu akar. Qigong Angsa Liar merupakan turunan agama Dao Kunlun sejak jaman Dinasti Jin, seribu tahun yang lalu. Gerakan Qigong Angsa Liar secara rahasia diturunkan melalui tahapan yang panjang, berisi berbagai metode latihan yang berbeda dan telah diwarisi secara keseluruhan oleh penggantinya yang sekarang, Yang Mei Jun, seorang Master dari perguruan Kunlun beraliran Tao, diantaranya gerakan 64 jurus permulaan dan 64 jurus lanjutan, 5 dasar tanpa gerakan, dsb.
Kegunaan Qigong ini untuk memperbaiki penglihatan serta penyucian pikiran. Untuk memperlancar saluran serta peredaran darah. Jika Qigong dipelajari serta dilakukan secara teratur, maka orang yang berlatih akan memiliki daya pikir yang kuat, serta adaptasi terhadap lingkungan semakin berkembang baik.

Menurut doktrin Yin - Yang kuno di Cina, segala sesuatu dibumi ini memiliki dua sisi yaitu Yin dan Yang, yang merupakan suatu kesatuan dari hal - hal yang saling berlawanan. Yin dan Yang saling memiliki ketergantungan antara satu dengan yang lainnya, tidak dapat saling menggantikan, tidak dapat saling menembus dengan Yin didalam Yang ataupun sebaliknya. Segala sesuatu akan tumbuh subur jika Yin dan Yang berjalan selaras, atau jika tidak semuanya akan musnah.

Teori kuno dari orang China mengenai saluran didalam tubuh serta kesehatan berdasarkan pada doktrin kuno tersebut. Saluran - saluran serta kesehatan, dan organ tubuh yang keras maupun lunak juga diseimbangkan oleh Yin dan Yang. Saluran serta kesehatan, yang berhubungan erat dengan organ tubuh baik yang keras maupun lunak , membentuk suatu saluran atau kolesterol dan setiap saluran mempunyai satu organ, baik keras atau lunak, dibawahnya.

Saluran - saluran membentuk tubuh mulai pada sistem serta kolateral, terus sampai bagian dalam tubuh. Kolateral, yang berarti jaringan, merupakan cabang dari saluran, yang saling menyilang seluruh bagian tubuh dan sampai bagian luar tubuh. Saluran serta jaringan dalam tubuh menghubungkan organ kuat serta lemah pada tangan serta kulit, urat daging serta tulang pada lapisan permukaan dan menyelubungi seluruh tubuh. Disamping itu, mereka membuat tubuh menjadi satu kesatuan organik dengan cara menggabungkan bermacam - macam bagian tersebut termasuk kelima indera, ketujuh lubang dan urat daging, tulang, rambut serta kulit.

Lima organ kuat yaitu jantung, paru - paru, limpa, ginjal serta hati yang termasuk pada Yin, merupakan tempat untuk menyimpan seluruh cairan penting. Enam organ lunak usus besar dan kecil, tiga rongga, perut kantung empedu dan empedu yang termasuk pada Yang, menyajikan fungsi pencernaan, peredaran serta pembuangan. Oleh karena itu, kedua belas saluran yang mengacu pada organ yang kuat dan lemah diklasifikasikan menjadi saluran Yin dan Yang. Sementara itu, sebuah saluran Yin dan sebuah saluran Yang membentuk hubungan luar dan dalam. Bagi seorang yang sehat, Yin dan Yang didalam tubuhnya seimbang dan organ keras dan lunaknya pun selaras. Tetapi jika terjadi perubahan patologis, pasti disana terdapat terlalu banyak Yin atau Yang dan ketidak seimbangan antara organ keras dan lunak. Kesehatan yang baik tidak hanya bergantung pada keseimbangan serta keselarasan bagian dalam tubuh saja, melainkan juga pada keseimbangannya dengan kondisi diluar tubuh, yang dalam hal ini yaitu adaptasi terhadap cuaca serta perubahannya agar dapat melindungi tubuh dari serangan virus jahat dan mencapai fungsi yang harmonis serta keseimbangan dari seluruh organ tubuh.

Sepanjang saluran serta jaringan didalam tubuh terdapat bermacam titik pengobatan untuk energi vital dari organ keras dan lunak untuk disuntikkan, dikumpulkan serta dibuang. Melalui saluran penting inilah tenaga vital ( Qi ), darah dan cairan didalam tubuh disalurkan ke setiap bagian tubuh untuk memainkan peranannya masing - masing. Jika saluran serta jaringan tidak bekerja dengan sempurna, maka ini dapat menimbulkan ketidak teraturan atau stagnasi dari tenaga penting dan darah, ketidak seimbangan antara Yin dan Yang dan ketidak teraturan serta lemahnya fungsi psikologis. Sebagai akibatnya, seseorang akan jatuh sakit. Pada dasarnya, adalah penting untuk mengeruk dan meyakinkan berfungsinya saluran serta jaringan dalam tubuh dengan bebas agar dapat mengobati penyakit dan menjaga agar tubuh tetap prima.

Terdapat 12 saluran biasa dan 8 saluran penting didalam tubuh manusia, yang masing - masing mempunyai fungsi psikologi dan gejala patologis. Saluran - saluran tersebut melalui aliran tertentu dan jalan yang saling berhubungan. Terdapat saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam hal fungsi serta memainkan peranan yang teratur serta seimbang.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mempelajarinya pada Qigong karangan Yang Meijun. Yang Meijun menuliskan ilmunya secara detil dan menarik untuk dinikmati.   

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru