TAI CHI CHUAN DAN SENI PIJAT TELAPAK KAKI

Daerah telapak kaki manusia dipenuhi oleh titik - titik syaraf yang dinamakan daerah refleksi. Manusia dirancang secara alamiah untuk bergerak dengan kaki telanjang melalui tanah yang kasar, penuh batu - batuan sehingga daerah refleksi yang berada ditelapak kakinya secara terus - menerus dirangsang yang memberikan pengaruh pada kesehatannya secara menyeluruh.


Aliran darah sangat penting bagi semua orang karena hanya melalui darah bisa dikirimkan:
- Sari makanan ( nutrient )
- Oksigen 
- Hormon
- Antibodi
- Dan sampah untuk kemudian terbuang.

Apapun gangguan yang terjadi pada organ kita, hanya bisa disembuhkan melalui sirkulasi aliran darah sehingga sel yang mati atau rusak bisa diganti, diberi makanan yang cukup, diobati oleh antibody dan akhirnya sampahnya dibuang keluar. Bila kita menekan daerah refleks, maka seringkali kita merasakan adanya tempat keras dan sakit kalau ditekan. Hal ini terjadi karena adanya endapan kristal bahan asam urat atau endapan lainnya. Jika sirkulasi darah berjalan baik, maka endapan pun tidak terjadi. Gerakan Tai Chi Chuan memberi pengaruh berbeda - beda pada setiap daerah telapak kaki dalam usahanya mendapatkan stabilitas dengan cara mencengkram tanah. Oleh sebab berpindah - pindahnya tekanan pada daerah telapak kaki maka akan terjadi pemijatan secara tidak langsung pada seluruh daerah refleksi sehingga sirkulasi darah dan cairan menjadi lancar.
Gbr. Titik Refleksi Pada Telapak Kaki
Lihat infonya dibuku Tai Chi karangan Jusuf Sutanto terbitan Pustaka Sinar Harapan.Jika rekan yang lain punya info lebih detil mengenai Tai Chi boleh kirim komentar. 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru