MISTERI TEHNIK NINJA DI ZAMAN FEODAL

Kita mungkin pernah mendengar kisah – kisah kehebatan yang ditunjukkan oleh ninja di jaman Jepang feodal seperti perjalanan 100 mil yang ditempuh dalam sehari dan meloloskan diri dari kepungan musuh yang teramat rapat. Apakah rahasia yang membuat mereka mampu bergerak cepat seperti layaknya siluman saja ?


Dari beberapa keterangan menyebutkan bahwa para ninja mampu menguasai tubuh, mengontrol tubuh ( otot dan stamina tubuh ) ini masih tetap dilakukan dalam latihan ninja modern. Fokus pada pentingnya kelenturan otot dan pengontrolan tubuh dan bagaimana caranya dipakai para prajurit untuk program latihannya.

Banyak para pelatih lebih mengkonsentrasikan pada satu cara untuk membuat kelenturan dengan peregangan urat sendi dan tendon sehingga mereka bisa mencapai jangkauan yang jauh. Perkiraan disini adalah dibutuhkan fokus yang tinggi, karena hal ini bukan hanya sekedar faktor untuk mencapai kelenturan yang tinggi. Bagian vital latihan biasanya melatih urat dengan mengontrol pergerakan dari kombinasi tersebut agar terasa nyaman. Tak ada alasan bagaimana mengulur ikat sendi dan urat tendon, jika urat disekitarnya tak mampu dilenturkan., hal tersebut akan menyebabkan rasa sakit. Hal yang amat negative untuk urat anda.

Buktikan hal tersebut oleh Anda. Dorong jari tangan dalam Anda sampai menyentuh tangan anda sejauh yang dapat Anda lakukan. Sekarang tekan bola tennis kurang lebih 30 menit untuk mengontrol kelenturan jari tangan Anda. Sekarang regangkan jari tangan kebelakang kembali dan bandingkan hasilnya. Dalam peristiwa yang sama ketika Anda sedang berlatih atau situasi pertempuran yang Anda rasakan --- tubuh Anda akan bergerak secara refleks. Ini alasan penting kenapa para ninja melakukan pengontrolan tubuh ( kontrol urat tubuh ) menjadi program latihan utamanya.

Bagi para pemula dalam seni beladiri ninjutsu, kemampuan untuk santai tidaklah mudah. Hal ini nampaknya seperti otomatis saja reaksinya untuk merasakan bagian tubuh mana yang diserang orang. Hal yang bertentangan dengan reaksi tersebut adalah apakah tubuh Anda sedang dalam keadaan tidak sehat. Jika Anda memotong tangan atau menghancurkan tulang, bagaimana tubuh Anda bisa memberikan reaksi yang tepat ? Saya mengetahui bahwa tubuh saya mencoba untuk santai terutama dibagian yang dirasakan sakit. Jika Anda tidak ingin urat disekitar Anda nyeri atau tangan keseleo, sedikitnya, Anda harus berhati – hati ketika menggerakkan bahu. Tubuh Anda secara otomatis akan mencegah cidera yang lebih lanjut.

Teori ini dapat dibuktikan lain waktu saat Anda meregangkan otot. Cobalah regangkan jari tangan atau gabungkan batasnya, kemudian fokuskan kenyamanan dan Anda akan merasa sedikit sakitnya. Hal yang sama terjadi saat penerapan latihan. Jika selama melatih tehnik, Anda menemukan bahwa Anda terperangkap dengan latihan jari atau tehnik yang berhubungan dengan punggung, nyamankan dan lihat jika tidak membuat Anda lebih bebas untuk melakukan tehnik fisik dan menangani gejala emosionalnya.

Karena latihan ninjutsu dan pertempuran nyata memakai tehnik kuncian dan bantingan seperti menendang, membanting dan latihan senjata, penting bagi tubuh untuk menyesuaikannya sesuai dengan keadaan lapangan, pengontrolan tubuh adalah bagian penting daripada aspek jasmani latihan ninjutsu. Sulit sekali untuk memotong dengan pisau tumpul atau mengendarai mobil yang rusak --- sama juga dengan tubuh Anda. Anda butuh untuk menjaga diri Anda agar tetap prima jika Anda berharap ingin seperti prajurit, tetapi tidak perlu untuk menjadi seorang Rambo. Terlalu banyak otot yang akan tidak menguntungkan jika tidak dilatih. Dengarkan apa yang tubuh Anda inginkan dan lakukan apa yang dikatakannya pada Anda.

( Ninja by Bud Malmstrom / Taruna )

2 comments:

nobe said...

Ninjutsu yg saya tau adalah seni bela diri yg dlu memang di teerapkan oleh para ninja koga & iga.
jd mao tanya,ap masih bisa d jaman skrng klo mau bnar2 menerapkan seni bela diri ninjutsu seperti yg di lakukan para ninja di masa'y dulu''

Teknik Ninja saat ini kelihatannya lebih banyak dipergunakan dalam dunia intelijen, sedangkan untuk teknik - teknik perkelahian nampaknya sudah tidak ada pamornya lagi. walaupun ada kursus teknik ninja didaerah jakarta

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru