I – CHIN – CHING - JURUS SAKTI BIARA SHAOLIN ( BAGIAN II )


Seringnya kita menyaksikan film – film kungfu melalui televisi disana ditunjukkan bagaimana cara melakukan gerakan – gerakan kung fu dengan tenaga dalam yang dibentuk melalui pernafasan. Untuk membentuk tenaga dalam yang kuat, paling kurang dibutuhkan waktu enam jam untuk melatih 49 gerakan 49 kali setiap bagiannya. Setelah melalui beberapa pengalaman dalam kerutinan berlatih, seseorang dapat memahami bahwa kerutinan dalam melatih I – Chin – Ching akan memproduksi kekuatan yang hebat dalam tubuh dan kelenturan tubuh.




Ada enam petunjuk melatih 49 I – Chin – Ching yang diajarkan guru The ; latihan pertama adalah meregangkan otot – otot pada tangan dan jari – jarinya. Tangan diulurkan kedepan saat mengeluarkan nafas, dan menarik tangan dengan meregangkan otot lengan pada saat menarik nafas.

Keempat macam gerakan itu mengandung unsure ketegangan yang dinamis. Sementara mengeluarkan nafas, kedua tangan menekan kedalam dari pundak seperti jika menekan kearah yang berlawanan. Pada saat menarik nafas, ketegangan dilepaskan dan kedua tangan dikembalikan ke pundak dengan posisi yang melebar. Latihan no. 21 mengakibatkan ketegangan untuk meningkatkan kelenturan tulang punggung dan semangat otot yang ada dipunggung. Duduklah dengan satu kaki diluruskan dan kaki yang lain ditempatkan menyilang kaki lainnya. Tekukkan lengan pada lutut kaki yang terulur dan menopang siku lutut yang lainnya. Selama melakukan pengeluaran naas, tubuh diputar pada pinggang kearah punggung dan dalam posisi ini dilakukan penghirupan nafas. Sebab posisi ini asimetris, bagian ini dibentuk secara terpisah dengan bagian tubuh yang lain. Posisi ini merupakan posisi hatha yoga yang dikenal dengan nama ARDHA MATSYENDRASANA.

Gerakan yang ke 25 tubuh dibungkukkan sampai telapak tangan menyentuh tanah. Ini adalah posisi yang statis yang akan mengembangkan kekuatan dan keseimbangan. Posisi ini dilakukan melalui pernafasan berputar. Ini sama seperti posisi Yoga Mayurasana. Latihan ini memperkuat jari , pinggang dan punggung dan otot perut, juga meningkatkan keseimbangan.

No. 31 adalah kaki berjongkok dengan tangan dirapatkan didepan dada yang merupakan posisi statis. Ini membangun kekuatan kaki dan mengembangkan keseimbangan pada waktu yang sama. Posisi ini diulangi untuk 49 pernafasan masing – masing kaki.

No. 39 adalah latihan peregangan yang disusun untuk meningkatkan kelenturan otot. Seluruh latihan dari I – Chin – Ching disusun berdasarkan sikap – sikap yang ada pada Yoga. Asana Yoga membentuk tubuh dan membangun kesadaran untuk meditasi dan konsentrasi. Obyek asana adalah menempatkan tubuh seimbang dengan jiwa dan pikiran. Seseorang harus santai dalam asana sehingga tercapai kenyamanan.

( Kung Fu by James r. Halladay / Taruna )

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru