KEKAYAAN RAMUAN TRADISIONAL BUMI NUSANTARA DALAM SATU KEMASAN ( BAGIAN 3 )

JAHE
Berbagai manfaat jahe antara lain :

  • Menurunkan tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah yang mengakibatkan penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
  • Membantu pencernaan, mencegah mual, termasuk mual akibat mabok perjalanan, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas didalam tubuh.
KENCUR
Si kecil serbaguna ini, dapat dipakai sebagai bahan baku jamu ( obat tradisional ), fitofarmaka, industri kosmetika, penyedap makanan dan minuman, rempah, serta bahan campuran saus rokok kretek. Secara empirik kencur digunakan sebagai penambah nafsu makan, infeksi bakteri, obat batuk, disentri, tonikum, ekspektoran, masuk angin dan sakit perut.

KETUMBAR
Ketumbar biasanya digunakan sebagai pelancar pencernaan, peluruh kentut ( carminative ), peluruh ASI         ( lactago), dan penambah nafsu makan ( stomachica ). Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah - muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi dan lemah syahwat.

LADA HITAM
Lada hitam memiliki banyak khasiat. Diantaranya adalah melancarkan menstruasi, meredakan serangan asthma, meringankan gejala rematik, mengatasi perut kembung, menyembuhkan rasa sakit kepala.

CENGKEH
Bagaimana dengan khasiatnya ? Mungkin sebagian orang hanya tahu, kegunaan cengkeh itu hanya sebagai bahan baku rokok, atau untuk menghilangkan bau mulut. Namun, ternyata ada lagi khasiat - khasiat dari buah cengkeh ini, diantaranya :
  • Mengobati sakit gigi
  • Mengobati penyakit kolera dan menambah denyut jantung
  • Mengobati penyakit campak

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru