CARA MENCEGAH STRESS

Stress merupakan salah satu gangguan psikologis yang tidak boleh dibiarkan terus terjadi. Karena stress yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan memberikan suatu efek samping yang lebih buruk lagi. Menurut psikolog dari Universitas Zurich, Swiss, Roberto La Marca, stres dapat berlanjut pada kondisi burn out dan depresi jika tidak diatasi lebih dini.
Burn out seringkali ditandai dengan kelelahan fisik yang tinggi. Hal ini diakibatkan oleh pekerjaan yang terlalu intens dengan mengeluarkan seluruh energi serta dedikasinya pada pekerjaan.
Depresi diakibatkan oleh permasalahan yang lebih kompleks. Depresi ditandai dengan perasaan sedih, raa lelah yang berlebihan, malas melakukan kegiatan, hilang minat dan semangat, serta mengalami gangguan pola tidur. Apabila hal ini terus berlangsung, penderitanya akan mengalami frustasi dan bisa berujung pada tindakan bunuh diri.
Secara psikologis, depresi diakibatkan oleh gangguan akibat situasi social. Faktor sosial dan lingkungan amat berpengaruh terhadap seseorang untuk mengalami depresi hebat.
Tips mencegah stress
  • Lakukan diet dan konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.
  • Meminum obat yang sudah diresepkan oleh dokter.
  • Menjalin hubungan pertemanan dan kekeluargaan yang erat.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Archives

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru