SEPATAH KATA MUTIARA DALAM DUNIA WIRAUSAHA

Een ons gezond verstand weeg in zaken meer dan een pond geleerdheid ( Satu ons akal sehat didalam dunia usaha lebih berharga daripada satu pon ilmu pengetahuan ). Makna dari kata mutiara ini adalah ilmu pengetahuan teoritis, yang susah dilaksanakan didalam praktek, tidak banyak artinya untuk dunia bisnis. Untuk usaha diperlukan pengamatan dan penglihatan tajam terhadap lingkungan sekitar, hal apa yang dapat dikerjakan yang mungkin akan membawa hasil.

Dalam dunia wirausaha memang tidak diperlukan setumpuk teori, yang penting kerja smart dan mampu mengikuti keadaan tren yang sedang berlangsung. Saya teringat pada pelajaran waktu kuliah dulu bahwa 5 tahun pertama dalam dunia usaha adalah phase pertumbuhan dan masa 2 tahunnya adalah masa kita untuk mencari nama ( istilah kerennya branding ).

Memang hal yang paling bete dan menjengkelkan dalam merintis suatu bentuk usaha, apalagi jika modal yang dimiliki adalah modal minim. Gak imbang banget antara tenaga dan biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang didapat. Memang kadang - kadang teori ekonomi gak sesuai dengan kenyataan. Katanya dengan modal yang minimal menghasilkan untung yang sebesar - besarnya. Tetapi sepanjang pengalaman seh, kalau kita mau mengeluarkan modal yang besar, keuntungan yang didapat besar juga.

Ya coba saja jika Anda jualan gorengan dengan modal Rp 500.000,- apakah disini Anda bisa berharap mendapat untung besar dan balik modal dalam waktu singkat sementara saingan kanan kiri kita banting - bantingan harga. Pengalaman didunia retail mungkin kita hanya bisa bermain divolume saja.

No single matter is safe if there is no plan for continuous improvement ( Tidak ada sesuatu yang aman jika tidak ada rencana untuk pengembangan berkelanjutan ). Usaha konvensional yang dikombinasikan dengan dunia online merupakan kombinasi ideal untuk membangun image usaha bagi yang tertarik untuk menekuni dunia wirausaha.

Bagi rekan - rekan MLMer, wirausaha dan blogger yang berpenghasilan dari online, mungkin bisa berbagi info untuk jenis - jenis usaha yang menarik. 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Anda meninggalkan komentar, saran dan kritik setelah membaca tulisan ini. Thanx bgt.

 
 
 

Gabung di Facebook

Posting Terbaru

Followers

Komentar Terbaru